Home » , » HUKUMAN YANG DISEGERAKAN

HUKUMAN YANG DISEGERAKAN



Apabila Allah menghendaki kebaikan bagi hamba-Nya, maka Dia menyegerakan hukuman untuknya didunia, dan apabila Dia menghendaki keburukan bagi hamba-Nya maka Dia menahan hukuman dosanya agar kelak dihari kiamat ia menemuinya.
Riwayat Thabrani melalui Ammar ibnu Yaasir r.a.
Penjelasan:
Bahwa musibah itu adakalanya untuk membersihkan diri dari dosa. Apabila seorang mukmin tertimpa musibah, maka hal itu sebagai pertanda bahwa Allah SWT menghendaki kebaikan baginya. Dalam hadis lain disebutkan bahwa sesungguhnya diantara dosa itu terdapat suatu dosa yang tidak dapat dihapuskan kecuali hanya dengan musibah yang menimpa pelakunya. Musinah ini merupakan hukuman yang disegerakan untuknya di dunia sehingga kelak apabila ia mati, maka dirinya bersih dari dosa dan dimasukkan ke dalam surga. Dan begitu pula sebaliknya, bilamana Allah menghendaki keburukan bagi seorang hamba-Nya, maka Dia memberikannya selamat dari siksa-Nya di dunia ini. Makin lama ia hidup di dunia semakin banyak dosa-dosa yang dikerjakannya sehingga kelak di akhirat ia akan menerima pembalasannya yang setimpal. Maka kala itu tidak ada jalan selamat baginya, dan tempat kembalinya adalah neraka Jahannam. Allah SWT telah berfirman:

Maka janganlah engkau tergesa-gesa memintakan siksa terhadap mereka karena sesungguhnya Kami hanya menghitung datangnya (hari siksaan) untuk mereka dengan perhitungan yang teliti. (Q.S. Maryam: 84)

0 comments:

Post a Comment